Follow Me!

Shark Tank Addiction

By 22.25 ,

Hello  Sharks,





Sempet lama ga nonton tv show ini tiba-tiba out of nowhere gw mulai nonton lagi Season 6 Shark Tank. Every time I watch it, it always give me a goosebumps. Like seriously, mereka itu orang - orang hebat banget dengan ide kreatif yang gatau keluar dari kardus mana.. haha and simply makes me envy

Buat kalian yang belum pernah nonton Shark Tank sebelumnya, tenang.. ini bukan tentang sekumpulan orang masuk kolam hiu terus mereka dikejar-kejar dan berusaha menyelamatkan diri... 

Jadi Shark Tank itu sebuah reality show di negeri Paman Sam dimana entrepreneur melakukan pitch di depan Sharks a.k.a Angel Investor demi mendapatkan suntikan dana dan terkadang connection dalam mengembangkan usahanya. 

 Salah satu bisnis yang sukses setelah muncul di Shark Tank : Scrub Daddy

Sebelum menjelaskan bisnisnya, mereka biasanya akan menstate terlebih dahulu jumlah investasi yang diinginkan with exchange of sekian persen kepemilikan perusahaan tersebut. As example, dia menginginkan US$ 100,000 in exchange of 10% equity shares. Mungkin dalam waktu dekat, gw akan membuat post terpisah terkait Shark Tank 101 : All you need to know first before watch it supaya post ini gak terlalu panjang

The recent episode that I just finished is their 100th episodes. Wow cukup lama juga dan terbukti acara tv ini sustain dan semakin lama semakin menarik.

Khusus untuk episode 100 ini ada 1 usaha yang buat gw bener - bener..



   the reason is...



 
$350,000 for 5% ???!!!

So basically they're saying their company worth for $ 7 Million

Pasti kalian berfikir kan? Gilaaa perusahaan apa nih? Produk mereka apa? The Next Facebook kah? Or even Google? Pasti keren banget! Pasti canggih!
Jadi Produk dari perusahaan senilai 7 Juta Dollar tersebut adalah....



 
Ya saudara-saudara... Anda tidak salah lihat...
Produk tersebut adalah tatakan kaki untuk toliet duduk, so Americans can "doing their business" dengan posisi kaki jongkok.. Squatty Potty

Yes, it's real... rather than talk about their products I will share about their business achievement. They've been in business for 3 years..

First year sales reach $ 1 Million
Their Second year sales reach $ 2.7 Million
In their current Third Year already sold $ 2 Million in the first Q2
But wait.. there's more
All their sales came from ONLINE
They haven't reach retail yet, doesn't have brick-and-mortar shop

How crazy is that?

However the sharks thought that they overvaluing their firm. In the end, Squatty Potty seal the deal with Lori Greiner, Queen of QCV and cut half of their firm value with $ 350,000 for 10%.


Watch : Shark Tank 100th Episodes


Selalu menyenangkan dan menegangkan setiap menonton Shark Tank, apalagi ketika melihat dinamika pitcing antara investor dan owner. Seiring dengan semakin matangnya acara ini ada beberapa perubahan yang gw tangkap 

  1. Perusahaan yang pitching sudah mulai 'matang'. Why so? ingat di season-season sebelumnya banyak entrepreneur yang datang itu masih membawa ide, prototype, dan kadang belum ada penjualan. Namun saat ini, khususnya season 6 yang baru banget gw ikutin lagi, almost all the firm made sales averagely above $ 200k. Jadi perusahaannya sudah mulai growing.
  2. Sharks lebih spesifik bertanya terkait bisnis mereka. Kalau dulu beberapa yang dijual 'kisah'nya tapi sekarang pertanyaan yang diajukan para sharks lebih spesifik terkait produk dan bisnisnya. Your sales, price, margin, customer acquisition cost, where do u sales ur products, ur forecasted sales, adalah beberapa pertanyaan wajib yang harus dikuasain si entrepreneur.
  3. Personalities Matters. Terkadang ada entrepreneur dengan ide brilian produk bagus sales gak kalah cakep, bu somehow the sharks just simply doesn't like the person and they're out. Karena terkadang mereka tidak mencari hanya bisnis, tapi mereka melihat yang mana yang bisa bekerja sama dengan mereka.
  4. Pressures,pressures.. more pressures. Semakin lama, Sharks disini makin ganas-ganas ajaa. Sekarang mereka (khususnya Kevin O'leary) suka mempengaruhi entrepreneur selama pitching untuk don't screw the offer bahkan ketika ekuitas yang diminta jauh lebih besar dari yang mereka tawarkan. And it's seems wrong to hear another offer, if one shark already made you an offer. They always say "it's not a good answer, it can turn out to be something awful". Sepertinya dulu fair-fair aja untuk menunggu dan melihat apakah shark lain tertarik. Meskipun di episode sebelumnya ada juga yang membolehkan hal tersebut tetapi karena entrepreneurnya bisa meng-capture hati sharks dengan respect (in 8th episode : bottle breacher) 
 After all, it's always a pleasure to watch Shark-Tank. They give you idea, insight, and also courage to become entrepreneur. Melihat unemployment rate Amerika yang secara teratur turun, bisa jadi salah satu nya karena komunitas entrepreneur mereka yang mulai kuat dan bisa membuat lapangan kerja baru. This is what we need in Indonesia. TV show yang mendidik , memberikan insight kepada penontonnya dan memberi inspirasi untuk bisa maju dan berkembang.

By the way , do you imagine if Indonesia have this kind of show?
I do! It would be something like this :
 


Hahaha I really hope Indonesia can adopt this TV show , karena entrepreneur kita gak kalah keren dan menginspirasi kaann??

I guess that's it for now, kindly remind me to post about Shark Tank 101 : All you need to know first before watch it or you can simply watch or google it.

Adios! 

You Might Also Like

0 komentar